Home Artikel Sudah Tahu? Inilah Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Sudah Tahu? Inilah Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya

12
0
Lidah Buaya

Agronesia.net – Lidah buaya atau aloe vera memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman kaya manfaat. Bahkan bagi perempuan, lidah buaya kerap diburu dalam produk-produk kecantikan. Namun tak hanya kecantikan, ternyata ada banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan cara pengolahannya. Kenapa harus tahu pengolahannya? Karena ada beberapa efek samping yang ditimbulkan lidah buaya.

Dalam pemanfaatannya, ada dua bagian lidah buaya yang paling banyak digunakan yakni gel serta lateks-nya. Gel lidah buaya mempunyai warna bening dengan tekstur seperti jeli yang terdapat pada bagian tengah kulit tanaman ini. Sementara untuk lateks, bisa ditemukan di bawah lapisan kulit lidah buaya yang bakal diolah jadi zat-zat kering, seperti dilansir halodoc.com.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Sebetulnya, apa yang membuat lidah buaya sangat bermanfaat? Tak lain karena tanaman ini mengandung kalsium, magnesium, natrium, antioksidan, glukosa, folat, asam amino esensial dan vitamin A-B-C-E. Berbagai kandungan itulah yang membuat lidah buaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya satu-persatu.

Solusi Masalah Pencernaan

Sembelit alias susah Buang Air Besar (BAB) adalah salah satu masalah pencernaan yang meresahkan. Beruntung, salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan cara pengolahannya yang tepat bisa jadi solusi atas sembelit. Bagaimana caranya? Anda tinggal mengonsumsi jus lidah buaya teratur. Lidah buaya diyakini mampu meningkatkan kadar air di dalam usus berkat senyawa anthraquinones.

Menurut penelitian yang dilansir doktersehat.com, ada hubungan antara peningkatan kadar air pada usus dan stimulasi peristaltik yang membantu BAB normal. Lidah buaya juga bisa menormalkan bakteri sehat dalam usus. Selain sembelit, beberapa masalah pencernaan yang bisa diatasi dengan lidah buaya adalah wasir/ambeien, radang usus sampai kanker usus besar.

Mengatasi Rematik

Tak banyak yang tahu kalau rematik (Rheumatoid Arthritis) adalah salah satu penyakit autoimun, karena menyerang sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi lidah buaya secara teratur, sistem sirkulasi darah akan jadi lebih baik. Sehingga tubuh akan dipenuhi darah-darah yang kaya oksigen dan membuat sel lebih sehat. Sel yang lebih sehat artinya memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Menjaga Kesehatan Gigi-Mulut

Ada banyak penelitian yang menyebutkan kalau lidah buaya memiliki sifat anti bakteri, sehingga kandungan nutrisinya bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini diperkuat dengan studi pada Journal of India Society of Periodontology yang menyebutkan bahwa konsumsi lidah buaya teratur, bisa mengatasi plak dan masalah-masalah gigi lainnya.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh manusia nomor satu di dunia. Tanpa ada pemberitahuan dan disadari, seseorang bisa kehilangan nyawa ketika penyakit jantung menyerang. Tak banyak yang tahu kalau lidah buaya rupanya bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Karena tanaman ini mengandung nutrisi yang mampu menurunkan risiko kolesterol tinggi, pemicu serangan jantung mendadak.

Menjaga Kesehatan Hati

Protein adalah salah satu kandungan dalam lidah buaya yang ternyata bisa menetralkan racun (detoksifikasi) pada tubuh. Hal ini tentu berkaitan dengan kesehatan organ hati karena proses detoksifikasi terjadi lancar. Hati akan bisa berfungsi dengan optimal jika memperoleh nutrisi yang tepat dan terhidrasi baik. Adalah fitonutrien yang merupakan nutrisi dari lidah buaya untuk organ hati.

Cara Pengolahan Lidah Buaya yang Tepat

Dilansir honestdocs.id, ada beberapa dosis penggunaan lidah buaya berdasarkan penelitian ilmiah seperti 100-200mg/hari untuk sembelit, 300mg sebanyak dua kali/hari selama dua bulan untuk penderita kolesterol tinggi hingga 100ml sebanyak dua kali/hari selama empat minggu bagi penyakit radang usus.

Sementara itu cara pengolahannya sangatlah beragam, terutama jika dijadikan bahan konsumsi seperti daging lidah buaya bisa untuk es, puding, manisan hingga salad. Meskipun begitu, ada baiknya untuk memahami beberapa efek samping lidah buaya seperti alergi, hipokalemia, dermatitis kontak, kerusakan permanen pada mukosa usus, kontraksi rahim sampai diare dan urin berwarna merah.

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan pengolahannya? Anda tentu bisa mulai belajar mengonsumsi lidah buaya setiap harinya supaya memperoleh kesehatan tubuh sesuai harapan. Agar semakin yakin, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mulai mengonsumsi lidah buaya. (o)