Home Perkebunan Stevia, Pemanis Alami Pengganti Gula

Stevia, Pemanis Alami Pengganti Gula

63
0

Agronesia.Net (Kendal) – Masyarakat di Indonesia, pada umumnya hanya mengenal tebu dan nira kelapa atau aren atau siwalan sebagai tanaman penghasil bahan baku gula. Padahal sebenarnya ada tanaman lain yang bisa dimanfaatkan sebagai sebagai bahan baku gula alami yakni tanaman Stevia.
Stevia adalah tanaman perdu batangnya berbentuk bulat, memiliki banyak cabang, berwarna hijau dan dapat tumbuh mencapai ketinggian 65 – 90 cm. Dapat tumbuh pada tempat dengan ketinggian 500-1.000 m di atas permukaan laut. Suhu udara yang cocok untuk tanaman stevia berkisar antara 14-27 derajat Celcius dan cukup mendapat sinar matahari sepanjang hari.

Stevia

Jika ditanam di dataran rendah, tanaman stevia akan cepat berbunga dan mudah mati apabila sering dipanen.
Stevia memang lebih populer di wilayah asalnya, Amerika Selatan dan di Asia Timur seperti Jepang, China serta Korea Selatan. Di Paraguay, suku Indian Guarani telah menggunakan stevia sebagai pemanis sejak ratusan tahun lalu.
Ada sekitar 200 jenis stevia di Amerika Selatan, tetapi hanya Stevia rebaudiana yang digunakan sebagai pemanis.
Sejak tahun 70-an, stevia telah banyak digunakan secara luas sebagai pengganti gula. Di Jepang, 5,6% gula yang dipasarkan adalah gula stevia atau yang dikenal dengan nama sutebia. Stevia digunakan sebagai pengganti pemanis buatan seperti aspartam dan sakarin.
Gula Stevia memiliki beberapa keunggulan antara lain tingkat kemanisannya yang mencapai 200-300 kali kemanisan tebu serta rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas, Gula Stevia juga bersifat non-karsinogenik dan Zat pemanis dalam stevia yaitu steviosida dan rebaudiosida tidak dapat difermentasikan oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam, sehingga apabila menempel pada email gigi tidak dapat menyebabkan gigi berlubang.

Hal ini berarti sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan baku pembuatan gula alami. Saat ini sudah banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan tanaman stevia.
Di Kabupaten Kendal Jawa Tengah, budidaya tanaman stevia mulai dilakukan oleh para petani di daerah Kecamatan Sukorejo sudah sejak 3 tahun yang lalu.
(Adang Purnomo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here