Home Berita Poktan Ngudi Raharjo Tangkarkan Benih Jagung Bima URI 20

Poktan Ngudi Raharjo Tangkarkan Benih Jagung Bima URI 20

59
0
Monitoring di Lahan penangkaran benih jagung hibrida varitas BIMA URI 20 milik Poktan Ngudi Raharjo I

Agonesia.net (Kendal) – Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian Republik Indonesia (Balitbangtan RI), pada tahun 2018 menunjuk Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Tengah, untuk menangkarkan benih jagung hibrida varitas BIMA URI 20 yang bekerja sama dengan dinas pertanian provinsi dan kabupaten.

Dalam pendampingan dan monitoring di Kelompok Tani (Poktan) Ngudi Raharjo I Desa Wirosari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, Kamis (27/09/2018), hadir Dr. R.Heru Pranata SP dari BPTP Jawa Tengah, Sigit Budi Santoso, M.Sc selaku peneliti jagung hibrida dari Balai Penelitian Tanaman Serelia (BPTS) Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, Riptoko Kepala Desa Wirosari pewakilan dari kelompok tani desa lain dan PPL dari Kecamatan Patean.

Dalam kata pengantarnya, Dr. R.Heru Pranata SP, mengatakan bahwasanya pada tahun 2018 BPTP Jawa Tengah mendapat target untuk bisa melakukan penanaman jagung benih karya para peneliti BPTS seperti varitas NASA 29, BIMA URI 19 dan BIMA URI 20, di lahan seluas 4 juta hektar lahan.

Dr. Heru Pranata SP, dari BPTP Jawa Tengah saat memberikan arahan dalam acara pendampingan dan monitoring di Poktan Ngudi Raharjo I.

Lebih lanjut, Dr. Heru Pranata menyampaikan bahwa penangkaran benih yang dilakukan di Poktan Ngudi Raharjo I Desa Wirosari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal sebagai suatu upaya agar petani bisa mandiri benih, dan untuk memenuhi kebutuhan benih jagung yang berkwalitas di wilayah kerja poktan atau daerah setempat. Setelah dipanen, benih hasil penangkaran akan dilakukan uji mutu dan jika memenuhi syarat maka benih akan dikembalikan lagi ke poktan Ngudi Raharjo I.

“Dengan mandiri benih, saya yakin petani pasti akan sejahtera apalagi ditambah jika mandiri pupuk (pupuk organik), petani pasti akan lebih sejahtera lagi “, tandas Heru.

Ratmin, Ketua Poktan Ngudi Raharjo I, saat ditemui Agronesia di sela-sela acara monotoring penangkaran benih, mengatakan bahwa Kelompok Tani (Poktan) Ngudi Raharjo I Desa Wirosari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal menjadi poktan yang pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah yang mendapat kesempatan untuk menangkarkan benih jagung hibriba varitas BIMA URI 20. Penangkaran dilakukan di lahan seluas 1 hektar, dengan mendapatkan pelatihan dan pendampingan teknis secara intens dari BPPT Jawa Tengah

“Ditunjuknya Poktan Ngudi Raharjo I Desa Wirosari dalam Penangkaran benih jagung hibriba varitas BIMA URI 20, merupakan satu hal yang sangat bermanfaat sebagai sarana untuk meningkatkan kwalitas pengetahuan dari para anggota poktan, apalagi kami menjadi poktan yang pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah, sudah tentu menjadi hal yang sangat membanggakan”, pungkas Ratmin.

(ap/red.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here