Home Berita KRPL KWT Ceria Desa Pagersari Berbenah Diri Songsong Lomba Tingkat Nasional

KRPL KWT Ceria Desa Pagersari Berbenah Diri Songsong Lomba Tingkat Nasional

102
0

Agronesia.net (KENDAL) – Kelompok Wanita Tani (KWT) Ceria Dusun Pesantren Desa Pagersari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah, telah berhasil membangun sebuah Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).
Program KRPL merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian RI sebagai upaya pemanfaatan pekarangan atau lahan terbatas di sekitar rumah, yang dilakukan secara intensif untuk budidaya tanaman pangan seperti sayuran, buah-buahan, peternakan dan perikanan darat.
Program ini lebih diarahkan bagi kaum perempuan atau ibu rumah tangga agar mereka lebih produktif dalam membantu memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Eni Woro Tri Subekti selaku Ketua KWT Ceria, perempuan energik yang akrab dipanggil Woro ini, ketika ditemui Agronesia, Minggu ( 7/1/2019), mengatakan bahwa terbentuknya KRPL di Dusun Pesantren ternyata telah mampu memberikan dampak positif bagi warga Dusun Pesantren pada umumnya dan para anggota KWT Ceria pada khususnya. Dusun Pesantren yang semula tidak ada orang yang mengenalnya tapi saat ini gaungnya telah terdengar di seantero Jawa Tengah bahkan hingga ke luar provinsi.


” Telah Banyak kelompok tani dari berbagai daerah yang datang untuk ngangsu kawruh atau menimba ilmu tentang pengelolaan Kawasan Rumah Pangan Lestari di KWT Ceria. Tidak hanya dari dalam Provinsi Jawa Tengah saja namun dari Provinsi Jawa Timur juga ada yang datang ke KWT Ceria ini “, kata Woro.

Woro melanjutkan bahwa pada bulan Januari 2019, KRPL KWT Ceria akan mengikuti lomba di tingkat nasioanal. Untuk itu para anggota KWT Ceria bahu membahu mempersiapkan segala sesuatunya seperti penataan lingkungan, penggantian tanaman yang sudah tua, pembenihan bibit tanaman baru dan lain-lain.
” Untuk regenasi tanaman yang sudah tua dan mati, kita juga mendapatkan suport dari BPTP Jawa Tengah “, kata Woro.

Dr. Heru Praptana Kasi Pelayan dan Penerapan Tekhnologi ketika dihubungi melalui sambungan telepon selulernya mengatakan bahwa, untuk mendukung KWT Ceria dalam lomba tingkat nasional BPTP jawa Tengah, Kamis ( 3/1/2019), telah mengirimkan bibit tanaman cabe, terong, tomat dan kembang kol sebanyak 3.000 batang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal Ir.Diah Aning Budiarti MSi mengatakan bahwa Diikutsertakannya KRPL KWT Ceria bukan tanpa dasar dan penilaian yang sesuai dengan kreteria yang telah ditentukan sehingga layak untuk berkompetisi di tingkat nasional.

” Untuk menyongsong lomba KRPL tingkat nasional kita sudah melakukan supervisi secara berkala. Selanjutnya KWT Ceria akan mendapatkan pendampingan dan bimbingan dari Dishanpan Jateng. Disamping itu, para penyuluh dari DPP Kabupaten Kendal juga akan terus melakukan penyuluhan secara intens agar Kawasan Rumah Pangan Lestari yang dikelola oleh KWT Ceria mampu meraih prestasi terbaik “, pungkas Diah Aning. (AP)

Keterangan foto
1. Anggota KWT Ceria didampingi oleh PPL dari Kecamatan Patean Agustina (hijab ungu) saat melakukan seleksi benih di Kebun Bibit Desa untuk ditanam menggantikan tanaman yang sudah tua dan mati.
2. Syamsudin PPL Kecamatan Patean didampingi olrh Koordinator PPL Kecamatan Patean Adi Kunwahyono tengah memberikan arahan pada anggota KWT Ceria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here