Home Artikel Tidak Ribet, Seperti ini Cara Menanam Bawang Merah di Polybag

Tidak Ribet, Seperti ini Cara Menanam Bawang Merah di Polybag

24
0
Bawang merah.

Agronesia.netBagi ibu rumah tangga, bawang merah adalah salah satu bumbu dapur wajib untuk aneka masakan. Tanaman jenis umbi lapis yang berasal dari Asia Selatan-Barat ini memang sangat populer di Indonesia. Tak heran kalau banyak ibu-ibu ingin tahu bagaimana cara menanam bawang merah di polybag, supaya bisa memperoleh bawang merah kapanpun hanya di halaman rumah.

Yap, dengan fakta bahwa harga bawang merah bisa sewaktu-waktu meroket di musim penghujan ini, mencoba menaman bawang merah di halaman rumah adalah salah satu solusi terbaik. Anda tak perlu harus memiliki lahan yang luas berhektar-hektar untuk membudidayakan bawang merah, karena polybag bisa menjadi media tanam terbaik di pekarangan rumah pribadi.

Tak perlu khawatir ribet, karena menanam bawang merah di polybag hampir sama dengan ditanam dengan tanah. Bahkan Anda bisa memperoleh keuntungan lebih karena menjual hasil panen bawang merah nantinya. Penasaran? Berikut ini adalah cara menanam bawang merah di polybag yang bisa diterapkan di halaman rumah sendiri.

Siapkan Media Tanam

Karena menggunakan wadah polybag, Anda bisa beli polybag di toko tanaman atau pertanian. Pilih sesuai ukuran dan kualitas yang dikehendaki. Polybag berkualitas bagus biasanya memiliki daya tahan hingga dua tahun lamanya. Untuk bawang merah biasanya memakai polybag berukuran 30×40, seperti dilansir infoagribisnis.

Jika sudah memiliki polybag, siapkan media tanam dengan campuran tanah, pupuk kompos dan arang menggunakan perbandingan 1:1:1. Jangan lupa beri pupuk SP-36 dengan takaran tiga gram per polybag dan sedikit insektisida/nematisida seperti Furadan 3GR sebanyak satu sendok kecil.

Siapkan Bibit Bawang Merah

Jika Anda menggunakan bawang merah yang tersedia di dapur sebagai bibit, usahakan pilih yang sudah tua dan punya warna lebih gelap. Pastikan umbi bawang merah iu tunggal dan memiliki tunas di bagian atas serta akar di bagian bawahnya. Jangan gunakan bawang merah yang sudah keriput atau busuk karena tak akan berhasil ditanam. Enggan ribet? Beli saja bibit bawang merah di toko pertanian.

Perhatikan Teknik Penanaman

Jika media dan wadah tanam sudah siap, maka Anda bisa langsung menanam bawang merah. Biasanya dalam satu polybag yang telah terisi, bisa ditanam sampai tiga umbi bawang merah sekaligus. Usahakan untuk menyiram media tanam itu dulu dengan air supaya tampak lembab. Agar pertumbuhan tunas baru makin cepat, Anda bisa potong 1/4 bagian atas bawang merah yang mengkerucut itu.

Bagian yang sudah dipotong itu harus ada di posisi atas. Harap diingat saat mulai tanam bibit bawang merah, jangan langsung dikubur semuanya karena biarkan bagian atas terkena udara dan sinar matahari langsung. Begitu pula saat mulai menanam, pilih waktu pagi atau sore karena siang hari udara lebih kering.

Pemupukan dan Perawatan

Anda harus tahu perbedaan pupuk buah dan pupuk daun dalam budidaya tanaman. Pupuk daun digunakan jika Anda ingin memanen daun bawang merah sementara pupuk buah, kalau Anda ingin mendapatkan umbi bawang merah. Jangan lupa lakukan pemupukan susulan dengan menambahkan NPK di setiap polybag dengan takaran satu gram, setiap minggu sampai bawang merah berusia enam minggu.

Kalau memilih pupuk cair, Anda harus rutin menyemprot tanaman setiap 15 dan 30 hari usai menanam bibit. Usahakan pemberian pupuk ini harus dengan perhitungan tepat supaya bawang merah tidak mati sebelum dipanen. Ketahui juga bahwa bawang merah adalah tanaman yang tak butuh banyak air. Karena itu saat hendak ditanam di polybag, pastikan terkena sinar matahari cukup dan terhindar air hujan.

Proses Panen

Jika seluruh proses penanaman dilakukan sepenuh hati, maka Anda akan tiba pada waktunya panen. Usia layak panen untuk bawang merah adalah 100 hari dengan ciri-ciri batang daunnya menguning, roboh dan mulai rapuh. Anda bisa langsung mencabut tanaman yang siap panen dan kemudian siap menanam calon umbi bawang merah yang baru.

Jemur bawang merah yang sudah dipanen supaya jamur mati dan kadar air berkurang. Bagaimana? Tidak sulit bukan cara menanam bawah merah di polybag? Anda bisa mencoba sendiri di rumah dan menikmati bawang merah hasil pekarangan sendiri. (o)