Home Artikel Praktis! Yuk Coba Cara Menanam Bunga Matahari Dari Biji

Praktis! Yuk Coba Cara Menanam Bunga Matahari Dari Biji

5
0
Gambar ilustrasi bunga matahari

Bekasi, agronesia.netBunga matahari alias Helianthus Annuus Linn adalah salah satu tanaman hias yang sangat cocok ada di pekarangan rumah. Bukan cuma menarik dipandang, bunga matahari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti obat alternatif untuk hipertensi, sakit kepala sampai susah kencing. Tak heran kalau informasi cara menanam bunga matahari dari biji begitu banyak dibutu penghobi tanaman.

Sebagai tanaman herbal yang berasal dari benua Amerika, bunga matahari rupanya sangat cocok hidup di daerah tropis seperti Indonesia. Menanam bunga matahari memang sangat menguntungkan karena hampir seluruh bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun dan batang untuk bahan pakan ternak, kelopak bunga untuk bahan pewarna, hingga bijinya sebagai camilan alias kuaci.

Satu hal lagi yang cukup unik dari bunga matahari adalah tanaman ini masuk dalam kategori refugia. Maksudnya adalah bunga matahari bisa mendatangkan serangga predator yang mencegah hama dan penyakit, karena nektar dan polen mereka adalah makanan pokok serangga tersebut. Menarik bukan? Yuk belajar cara menanam bunga matahari dari biji berikut ini!

Pilih Dulu Media Tanam

Seperti namanya, bunga matahari memang membutuhkan pancaran sinar matahari sempurna sehingga harus ditanam di lahan yang terbuka. Lantaran akar bunga matahari bisa tumbuh sangat panjang dan kuat, ada baiknya untuk menggunakan media tanam langsung tanah, alih-alih lewat pot ataupun polibag, seperti dilansir paktanidigital.com.

Bunga matahari juga menyukai tanah yang sedikit asam-basa dengan rentah pH antara 6-7,5. Jika pH terlalu asam, tambah kompos asam atau campuran tanaman. Sementara jika pH tanah terlalu basa, beri butiran belerang supaya pH jadi turun. Namun kendati menyukai sinar matahari, pengaliran tanah di lahan bunga matahari haruslah lancar.

Tentukan Bibit Bunga Matahari Unggulan

Ada banyak sekali varietas bunga matahari yang bisa dipilih untuk ditanam. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah jenis Mammoth, Autumn Beauty, Sunbeam dan Teddy Bear. Dari keempat jenis itu, Teddy Bear sangat cocok ditanam di pekarangan rumah karena ukurannya yang cukup kecil dengan tinggi satu meter. Jika sudah memilih jenis bunga matahari, Anda bisa memperoleh bibitnya.

Pastikan bibit yang berupa biji ini didapat dari indukan berkualitas, tepat di bagian tengah bunganya. Beberapa orang biasanya memilih untuk merendam biji bunga matahari, lalu menggambil biji-biji yang tenggelam sebagai benih tanaman. Tak ingin ribet? Anda bisa langsung beli biji bunga matahari sebagai bibit di toko-toko tanaman atau toko pertanian.

Penyemaian dan Penanaman Biji

Sebelum ditanam di media tanam, lakukan dulu proses penyemaian bibit. Hal ini harus dilakukan agar calon tanaman makin mudah dikontrol dan gampang beradaptasi. Letakkan biji-biji berkualitas itu di dalam media semai seperti polibag atau baki semai. Biasanya media semai bisa dibuat dari campuran tanah, kompos dan arang sekam menggunakan perbandingan 1:1:1, seperti dilansir bibitbunga.com.

Siram media semai itu terlebih dulu dengan air yang cukup sebelum biji-biji bunga matahari disebar. Usahakan media semai ini tidak terkena matahari atau air hujan langsung, karena harus dalam kondisi lembab. Penyemaian ini biasanya berlangsung dalam waktu 30 hari dan kemudian ditanam di tanah atau pot besar. Pindahkan tunas bunga matahari dan akarnya ini ke media tanam dengan kedalaman 10 cm.

Jika Anda menanam biji bunga matahari langsung ke tanah, usahakan memiliki jarak minimal 50 cm antar tanaman. Dalam proses ini, biji akan mulai berkecambah setelah seminggu. Supaya bunga matahari bisa tumbuh subur, ada baiknya tanah dicampur pupuk kandang dan pupuk jamur mikoriza.

Perawatan Bunga Matahari

Untuk mencapai usia dewasa, bunga matahari membutuhkan waktu 2,5 bulan. Agar sesuai jadwal, lakukan penyiraman setidaknya dau hari sekali di awal pertumbuhan sampai berusia 1,5 bulan. Demi menjaga asupan nutrisinya, campuran pupuk ZA dan SP-36 sering jadi pilihan, Terakhir supaya unsur hara dalam tanah cepat terurai, beri pupuk hayati yang mengandung bakteri asam laktat.

Tentunya supaya cara menanam bunga matahari dari biji ini bisa diterapkan dengan baik, Anda harus selalu belajar dan disiplin. Apalagi jika muncul jamur daun yang meresahkan, Anda tak boleh menyerah dan terus melakukan pencegahan.

Keyword          : Cara menanam bunga matahari dari biji

Deskripsi         : Tak banyak yang tahu jika cara menanam bunga matahari dari biji cukup mudah dan bahkan bisa diterapkan di halaman rumah sendiri